en id

KUNJUNGAN SMK PENERBANGAN BANJARBARU KE BANDARA SYAMSUDIN NOOR

14 Sep 2015

kembali ke list


Banjarbaru pada hari Jumat,  11 September 2015 sebanyak 72 siswa SMK Penerbangan Banjarbaru telah mendatangi Bandara Syamsudin Noor dalam rangka studi  banding terkait pengetahuan kebandarudaraan. Bertempat di ruang rapat gedung  perkantoran, para siswa terlihat antusias mengikuti setiap rangkaian acara yang  telah disusun oleh Manajemen Bandara Syamsudin Noor.

Acara kunjungan kali ini diawali  dengan introduction atau pengenalan mengenai profil PT Angkasa Pura I,  khususnya Bandara Syamsudin Noor. Arixon R. Suebu selaku Customer Service  Section Head memperkenalkan visi dan misi perusahaan, bidang usaha, hingga  tanggung jawab sosial yang telah dilakukan oleh perusahaan melalui tujuh bidang  seperti kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Disela-sela pemaparannya, Arixon mengungkapkan "Saat ini PT Angkasa Pura I telah mencapai visinya yaitu menjadi salah satu dari 10 pengelola bandar udara terbaik di Asia, di mana salah satu dari bandaraa kelolaannya telah masuk ke tiga besar bandara terbaik di dunia. Semoga ke depannya pelayanan kami akan jauh lebih baik lagi sehingga mampu memenuhi harapan masyarakat."

Pada kesempatan tersebut juga  dipaparkan mengenai prosedur memasuki bandara baik dari sisi darat maupun sisi  udara oleh personil Airport Service Section. Hal ini penting karena masalah  keselamatan dan keamanan dalam penerbangan adalah tanggung jawab semua orang.  Para siswa pun kemudian diarahkan ke sisi udara dengan dikawal oleh petugas  Apron Movement Control menuju gedung Pertolongan Keselamatan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) untuk mempelajari prosedur penanganan keadaan  darurat serta kinerja kendaraan operasional unit terkait.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan  menuju ke gedung terminal  untuk berkeliling sembari mendengarkan penjelasan para petugas bandara terkait prosedur pelayanan penumpang mulai dari check in hingga penumpang take off. Berbagai pertanyaan pun muncul dari para siswa seperti prosedur penanganan barang-barang berbahaya bagi penumpang. Dengan responsif petugas membantu menjawab setiap pertanyaan yang muncul.

Pada akhir acara, guru pendamping memberikan sepatah kata tanda terima kasih kepada manajemen. Sebaliknya, manajemen  Bandara Syamsudin Noor pun memberikan kenang-kenangan sebagai ucapan terima kasih atas kepercayaannya memilih Bandara Syamsudin Noor sebagai tempat untuk  menambah pengetahuan para siswa SMK Penerbangan Banjarbaru.(Corporate  Communication)