14 Dec 2016
kembali ke listBANJARBARU - Bandara Syamsudin Noor berhasil meraihn sertifikat standar manajemen mutu International Standard Organization atau ISO 9001:2008 dari United Register of Systems (URS) Services Indonesia. Sertifikat ISO 9001:2008 ini diberikan untuk kategori pelayanan Airport Passenger Service (Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara / PJP2U) dengan seritifkat bernomor 78032/A/0001/UK/En yang dikeluarkan tanggal 15 Oktober 2016.
Penyerahan sertifikat dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan Collaborative Destination Development di Ballroom Hotel Golden Tulip, Banjarmasin (14/12/2016) oleh perwakilan dari URS Indonesia, Mayvita Hapsari kepada Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I, Moch. Asrori.
“Sertifikat pelayanan jasa penumpang pesawat udara merupakan wujud komitmen PT Angkasa Pura I dalam perbaikan sistem dan menjamin kualitas mutu pelayanan kepada pengguna jasa dalam hal ini penumpang Bandara Syamsudin Noor. Selamat kepada seluruh jajajaran Bandara Syamsudin Noor.” Tutur Moch. Asrori sesaat setelah menerima sertifikat ISO 9001:2008.
Subatir selaku Airport Safety Group Head PT Angkasa Pura I yang juga turut hadir menambahkan “Marketing dan kualitas pelayanan sangat erat kaitannya. Dengan memberikan jaminan pengelolaan proses internal maka jaminan pelayanan yang bertandar Internasional pun dapat diberikan kepada pengguna jasa. Hari ini Bandara Syamsudin Noor telah membuktikannya.” Ungkapnya.
Untuk mendapatkan sertifikat ini Bandara Syamsudin Noor memulai dari pendokumentasian semua prosedur baik yang berkaitan langsung dengan pelayanan maupun pendukungnya, lalu pelaksanaan audit secara audit oleh tim URS Services Indonesia. Mereka mengaudit langsung kelengkapan dokumen dan bagaimana aplikasinya di terminal mulai dari produk hingga prosesnya.
Pelayanan jasa penumpang pesawat udara atau yang kerap disingkat PJP2U ini memiliki cakupan yang sangat luas, yaitu mulai dari fasilitas check-in, fasilitas imigrasi, fasilitas bea cukai, pemeriksaan security, pelayanan bagasi, pemberian informasi jadwal penerbangan, kebersihan, ketersediaan fasilitas uum, hingga kesejukan ruang terminal.
Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan jasa kebandarudaraan dan memperbaiki kinerja peruahaan secara terus menerus guna mewujudkan visi, misi, dan strategi perusahaan sehingga perlu adanya suatu pengembangan dan penerapan sistem manajemen kelas dunia.
General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan menyambut antusias diterimanya sertifikat ISO 9001:2008. Di hadapan seluruh jajarannya beliau menyampaikan “Terima kasih rekan-rekan Bandara Syamsudin Noor. Akhirnya pelayanan atau jasa Bandara Syamsudin Noor telah melalui proses yang bermutu berstandar internasional. Semoga dengan ini Customer Satisfaction Index yang ditetapkan perusahaan akan lebih mudah tercapai.” Katanya.