en id

Alami Peningkatan, Ribuan Jamaah Haji Kalsel Terbang Melalui Bandara Syamsudin Noor

12 May 2024

kembali ke list


Banjarbaru - Bandara Syamsudin Noor kembali layani angkutan udara haji periode 1445 H / 2024.

Kloter pertama jamaah haji Kalimantan Selatan tahun 2024 diberangkatkan pada Minggu (12/05) pukul 09.01 WITA menggunakan pesawat jenis A340-300 Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8101. Dalam penerbangan ini total sebanyak 320 jamaah haji terbang dari Bumi Banua menuju Madinah.

“Suatu kebanggaan bagi kami yang kembali dapat menjadi bagian dalam proses mengantarkan para jamaah haji dari Kalimantan Selatan tahun ini. Total 5.852 jamaah rencananya akan diberangkatkan pada rentang waktu 12 Mei hingga 10 Juni 2024, sementara untuk debarkasi dijadwalkan pada 22 Juni - 21 Juli 2024”, terang Dony Subardono, General Manager Bandara Syamsudin Noor.

Selama periode angkutan udara haji, Manajemen Angkasa Pura I telah memastikan kesiapan fasilitas kebandarudaraan dan para personel dalam kondisi prima. Disamping itu, komunikasi dan koordinasi aktif dengan pihak-pihak terkait juga terus dijalin, seperti Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Imigrasi, Perum DAMRI, maskapai, dan instansi lain yang terkait demi menjamin kelancaran proses embarkasi hingga debarkasi nanti.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Manajemen Angkasa Pura I juga memberikan pelayanan screening pemeriksaan keamanan di Asrama Haji Banjarmasin guna memudahkan proses boarding para jamaah haji. Setelah proses tersebut dilakukan, rombongan diantarkan menggunakan 9 unit bus secara beriringan dari Asrama Haji Banjarmasin menuju Bandara Syamsudin Noor. Melalui prosedur tersebut, para jamaah haji dapat langsung memasuki pesawat melalui sisi udara.

“Tahun ini terjadi peningkatan jumah jamaah sebanyak 6% dari 5.515 jamaah haji menjadi 5.852 jamaah haji. Tahun ini juga menjadi tahun yang spesial dengan pertama kalinya pesawat jenis A340-300 mewarnai langit Kalimantan Selatan. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para stakeholder terkait atas sinergi yang terjalin. Harapan kami proses angkutan udara haji kali ini dapat berjalan lancar dan para jamaah haji menjadi haji yang mabrur”, tutup Dony [VA]