09 Jan 2016
kembali ke list
Banjarbaru (8/1), Bandara Syamsudin Noor telah selesai melaksanakan layanan posko terpadu angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 tepat pada hari Jumat, 8 Januari 2016. Layanan ini disediakan selama 22 hari mulai tanggal 18 Desember 2015 hingga 8 Januari 2016. Posko yang dibentuk merupakan satuan kerja bersama PT Angkasa Pura I (Persero), Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor bersama TNI Angkutan Udara, Kantor Kesehatan Pelabuhan, POLRI, Air Navigation Indonesia, dan airline serta groundhandling, yang bertugas memastikan kelancaran dan keamanan selama proses monitoring angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 berlangsung.
Liburan Natal dan
Tahun Baru kali ini berbarengan dengan libur sekolah yang berlangsung padaÂ
akhir Desember 2015 sampai awal Januari 2016 sehingga lonjakan penumpang yangÂ
terjadi cukup tinggi. General Manager Bandara Syamsudin Noor, HandyÂ
Heryudhitiawan menyampaikan perkembangan pergerakan pesawat, penumpang sertaÂ
kargo, khususnya pada pucak arus mudik Natal dan Tahun Baru.
“ Kenaikan jumlah pesawat datang dan berangkat terjadi pada hari H tahun baru atau 1 Januari 2016 dari jumlah 66 di tahun 2014/2015 menjadi 81 di tahun 2015/2016 (22,73%). Kenaikan tertinggi penumpang datang dan berangkat terjadi pada H-1 Natal 2015 yaitu tanggal 31 Desember 2015 dari 72.503 orang menjadi 80.439 orang (10,95%). Kargo incoming naik dari 850.675 kg di tahun 2014/2015 naik menjadi 870.442 kg di tahun 2015/2016 (2,32%) sedangkan kargo outgoing naik dari 429.778 kg naik menjadi 504.285 kg (17,34%). †ungkapnya
Berdasarkan data yang dihimpun dari sekretariat posko, secara umum dari tahun 2015 dari H-7 sampai H+7 jumlah pesawat datang naik dari 917 menjadi 944 pesawat (2,94%) sedangkan pesawat berangkat naik dari 920 di tahun 2015 menjadi 940 di tahun 2016 (2,17%). Kenaikan penumpang datang sebanyak 8,91% dari jumlah 113.479 menjadi 123.592 orang, sedangkan penumpang berangkat naik sebanyak 10,24% dari jumlah 120.764 menjadi 133.135 orang.
Selama melaksanakan layanan posko, Bandara Syamsudin Noor telah melaksanakan program strategis khususnya dalam menghadapi lonjakan penumpang seperti penambahan ruang tunggu beserta fasilitas kursi di ruang eks tempat bermain anak, pengadaan fasilitas troli baru, hingga pemasangan kanopi di area kedatangan sisi udara bandara. Selain itu juga telah disediakan tambahan lahan parkir yang dapat menampung 100 kendaraan. Upaya-upaya ini mendapat respon positif dari pengguna jasa Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Monitoring posko sendiri didukung oleh tim Kantor Pusat PT Angkasa Pura I serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang secara rutin melaksanakan kunjungan kerja untuk memastikan pelaksanaan layanan untuk pengguna jasa ini berjalan lancar dan menambah nilai pelayanan di Bandara Syamsudin noor.
Penutupan posko dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Januari pukul 22.00 WITA. Dipimpin oleh General Manager, Handy Heryudhitiawan, segenap tim posko melakukan doa bersama atas selesainya layanan posko rutin kepada pengguna jasa ini setelah sebelumnya dilakukan evaluasi kinerja tim posko untuk perkembangan layanan di masa mendatang. (humas)